RANCANGAN ANGGARAN DASAR DAN
ANGGARAN RUMAH TANGGA
KARYA ILMIAH REMAJA SMA NEGERI 7
GARUT
ANGGARAN DASAR DAN ANGGARAN RUMAH
TANGGA KARYA ILMIAH REMAJA SMA NEGERI 7 GARUT
ANGGARAN DASAR KARYA ILMIAH REMAJA
SMA NEGERI 7 GARUT
PENDAHULUAN
DENGAN
RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA SERTA DIDORONG OLEH KEINGINAN YANG LUHUR DAN SERTA
SADAR SEPENUHNYA AKAN TANGGUNG JAWAB KAMI SEBAGAI WARGA SMA NEGERI 7 GARUT.
BERTEKAD UNTUK MENGISI KEHIDUPAN ORGANISASI EKSTRAKULIKULER DILINGKUNGAN SMA
DALAM RANGKA MASYARAKAT BERBANGSA DAN BERNEGARA DENGAN PANCASILA SEBAGAI
IDIOLOGI DAN UNDANG-UNDANG DASAR 1945 SEBAGAI KONSTITUSIONAL.
BAHWA
KAMI SEBAGAI WARGA SMA NEGERI 7 GARUT YANG CINTA TERHADAP ILMU PENGETAHUAN SADAR
AKAN FUNGSI SEBAGAI FILTER TERHADAP POTENSI NEGATIF PENGETAHUAN DUNIA YANG
TIDAK SESUAI, DENGAN NILAI-NILAI ILMU PENGETAHUAN.
SEBAGAI
PENERUS PERJUANGAN BANGSA, KAMI AKAN SENANTIASA MEMPELAJARI ILMU PENGETAHUAN
YANG BERCERMINKAN PADA FALSAFAH NEGARA SEBAGAI PERWUJUDAN DARI NILAI-NILAI
BUDAYA BANGSA INDONESIA YANG LUHUR DAN HIDUP SERTA BERKEMBANG DILINGKUNGAN SMA
NEGERI 7 GARUT.
BAHWA
DENGAN INI, KAMI BAGIAN DARI WARGA SMA NEGERI 7 GARUT BERMAKSUD UNTUK MEMBENTUK
EKSTREKULIKULER YANG BERNAMA “KARYA ILMIAH REMAJA SMA NEGERI 7 GARUT” DAN
SATU-SATUNNYA WADAH YANG MENGHIMPUN PELAJAR YANG ADA DI SMA NEGERI 7 GARUT.
BAHWA
DENGAN MAKSUD DAN TUJUAN TERSEBUT DIATAS, DEMI KETERTIBAN DAN KETERATURANNYA
MEKANISME ORGANISASI, MAKA DISUSUNLAH ANGGARAN DASAR DAN ANGGARAN RUMAH TANGGA.
BAB I
NAMA KEDUDUKAN DAN WAKTU
PASAL 1
ORAGANISASI
INI BERNAMA “KARYA ILMIAH REMAJA SMA NEGERI 7 GARUT” YANG SECARA RINCI
DIARTIKAN :KARYA BERARTI BERKARYA ATAU MENCIPTA :ILMIAH BERARTI MEMENUHI
SYARAT (KAIDAH) ILMU PENGETAHUAN
:REMAJA
BERARTI PELAJAR MUDA MAKSUDNYA (MENCIPTAKAN SUATU KREASI
DENGAN MEMENUHI KAIDAH DALAM ILMU PENGETAHUAN OLEH PELAJAR PELAJAR MUDA) DAN
SMA NEGERI 7 GARUT ADALAH TEMPAT KAMI BERNAUNG.
PASAL
2
ORGANISASI EKSTRAKULIKULER INI BENAUNG
DIBAWAH ORGANISASI INTRA SEKOLAH (OSIS) SMA NEGERI 7 GARUT YANG BERNAUNG
DIBAWAH PENGAWASAN LEMBAGA SMA NEGERI 7 GARUT DAN JUGA DIBAWAH DINAS PENDIDIKAN
KABUPATEN GARUT. DENGAN SEBAGAI BERIKUT
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN GARUT
SMA NEGERI 7 GARUT
ORGANISASI INTRA SEKOLAH (OSIS) SMA N 7 GARUT
KARYA ILMIAH REMAJA SMA NEGERI 7 GARUT
PASAL
3
ORGANISASI INI DIDIRIKAN PADA HARI JUMAT TANGGAL
16 JULI 2010 DI SMA NEGERI 7 GARUT.
BAB
II
DASAR
DAN TUJUAN
PASAL
4
KARYA ILMIAH REMAJA SMA NEGERI 7 GARUT INI
BERDASARKAN PADA PANCA SILA DAN UUD 1945
PASAL
5
1. TUJUAN KARYA ILMIAH REMAJA INI GUNA
MEMBERDAYAKAN MINAT DAN BAKAT SISWA DALAM MEMPELAJARI ILMU PENGETAHUAN YANG
BERADA DI SMA NEGERI 7 GARUT
2. SEBAGAI WAHANA UNTUK MENINGKATKAN PERAN AKTIF
ORGANISASI AKADEMIK DALAM UPAYA SERTA MEMBINA PELAJAR UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN
AKADEMIKNYA.
BAB III
KEDAULATAN
PASAL 6
KEDAULATAN KARYA ILMIAH REMAJA SMA NEGERI 7 GARUT INI
BERADA DITANGAN ANGGOTA DAN SEPENUHNYA DILAKSANAKAN MELALUI MUSYAWARAH. SELANJUTNYA
DITINDAK LANJUTI OLEH OSIS KEMUDIAN DEWAN SEKOLAH DAN KOMITE SEKOLAH.
BAB IV
STATUS ORGANISASI
PASAL 7
STATUS
KARYA ILMIAH REMAJA INI ADALAH SEBAGAI EKSTRAKULIKULER YANG BERSIFAT RESMI
DENGAN KEDUDUKAN SEPERTI DITERANGKAN DI PASAL 2.
PASAL 8
KARYA ILMIAH REMAJA INI BERFUNGSI SEBAGAI:
1. MENAMPUNG DAN MENYALURKAN MINAT DAN BAKAT
SISWA DALAM BIDANG AKADEMIK
2. MEMBANTU SISWA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN
POTENSIALNYA DALAM BIDANG AKADEMIK
3. WADAH YANG MENJEMBETANI SEBAGAI LATAR
BELAKANG KEMAMPUAN DALAM AKADEMIK, GUNA MENGHIMPUN, MENGEMBANGKAN, DAN MENDAYA
GUNAKAN POTENSI YANG DIMILIKI SISWA SMA NEGERI 7 GARUT UNTUK BERSAMA-SAMA
MENGGALANG PERSATUAN (SILIH ASAH, SILIH ASIH, SILIH ASUH) SEHINGGA TERCIPTA
SUATU KERJASAMA YANG SERASI, SELARAS DAN SEIMBANG DAN KEMAJUAN SMA NEGERI 7
GARUT.
BAB
V
TUJUAN
DAN TUGAS POKOK
PASAL
9
1. MENGAMALKAN PANCA SILA DAN UUD 1945 GUNA
PEMPERTAHANKAN KEUTUHAN BANGSA
2. BERPARTISIPASI DALAM SETIAP KEGIATAN AKADEMIK
YANG DILAKSANAKAN OLEH LEMBAGA-LEMBAGA KE AN.
3. PROAKTIF TERHADAP PERKEMBANGAN ILMU
PENGETAHUAN
4. MENINGKATKAN, MENGEMBANGKAN, DAN MENDORONG
POTENSI ANGGOTA UNTUK MEMPEROLEH PENINGKATAN KEMAMPUAN, KETERAMPILAN DAN
KESEJAHTERAAN ANGGOTA SECARA ADIL DAN MERATA.
BAB
VI
KEANGGOTAAN
PASAL
10
KEANGGOTAAN KARYA ILMIAH REMAJA BERSIFAT TETAP/SEUMUR HIDUP.
PASAL
11
1.
PADA
HAKIKATNYA SETIAP SISWA DI SMAN 7 GARUT ADALAH ANGGOTA KARYA ILMIAH REMAJA SMAN
7 GARUT.
ANGGOTA KARYA ILMIAH REMAJA INI TERDIRI DARI:
A. ANGGOTA RESMI
B. ANGGOTA ALUMNI
2.
ANGGOTA
KARYA ILMIAH REMAJA MEJAPANESE CLUBKAN
TENAGA INTI PENGGERAK ORGANISASI.
3.
KETENTUAN
SELANJUTNYA DIATUR DALAM ANGGARAN RUMAH TANGGA.
BAB
VII
KEUANGAN
PASAL
12
1.
KEUANGAN
ORGANISASI DIDAPAT DARI
A. IURAN ANGGOTA
B. BANTUAN DARI SEKOLAH
C. BANTUAN LAIN YANG TIDAK MENGIKAT
D. USAHA LAIN YANG SAH
2.
TATACARA
PENGELOLAAN UANG DIATUR DALAM ANGGARAN RUMAH TANGGA.
BAB
VIII
ATRIBUT
PASAL
13
1. ATRIBUT KARYA ILMIAH
REMAJA TERDIRI DARI :
A. LAMBANG
B. MOTTO
C. JANJI/PERINSIP DASAR
D. BENDERA
E. SERAGAM DAN KELENGLAPANNYA
3.
BENTUK
MAKNA UKURAN LAMBANG SERTA TATACARA PENGGUNAANNYA DITETAPKAN DALAM ANGGARAN
RUMAH TANGGA
BAB IX
STRUKTUR ORGANISASI
PASAL
14
KARYA ILMIAH REMAJA SMAN 7 GARUT MEMILIKI
SUSUNAN ORGANISASI SECARA STRUKTURAL SEBAGAI BERIKUT.
1. PELINDUNG
2. PENASIHAT
3. PENANGGUNG JAWAB/ PEMBINA KARYA ILMIAH REMAJA
4. KETUA UMUM KARYA ILMIAH REMAJA
5. KETUA KOORDINATOR BIDANG
6. SEKERKEBUMIANS
7. BENDAHARA
PASAL
15
1. KETUA KOORDINATOR BIDANG DISESUAIKAN DENGAN
BIDANG YANG ADA YANG DIATUR JELAS DALAM ANGGARAN RUMAH TANGGA.
2. PENETAPAN, PENAMBAHAN, DAN PENGURANGAN BIDANG
DILAKSANAKAN MELALUI MUSYAWARAH KOORDINATOR BIDANG.
3. SEKSI-SEKSI DIATUR DALAM ANGGARAN RUMAH TANGGA
BAB X
PENGURUSAN
PASAL
16
1. KEPENGURUSAN DIPILIH
DAN DISAHKAN MELALUI MUSYAWARAH KARYA ILMIAH REMAJA (MUSKIR)
2. SUSUNAN DAN WEWENANG PENGURUS AKAN DIATUR
DALAM ANGGARAN RUMAH TANGGA.
BAB
XI
MUSYAWARAH DAN RAPAT-RAPAT
PASAL
17
1. MUSYAWARAH KARYA ILMIAH REMAJA TERDIRI
DARI:
A. MUSYAWARAH KARYA ILMIAH REMAJA (MUSKIR)
B. MUSYAWARAH ISTIMEWA
C. MUSYAWARAH KERJA
2. RAPAT DEWAN KE ANGGOTAAN TERDIRI DARI:
A. RAPAT ANGGOTA
B. RAPAT PENGURUS
C. RAPAT KOORDINATOR BIDANG
BAB XII
PERUBAHAN ANGGARAN DASAR DAN ANGGARAN RUMAH
TANGGA
PASAL
18
PERUBAHAN ANGGARAN DASAR RUMAH TANGGA HANYA
DAPAT DILAKUKAN PADA MMS ATAU RAPAT ISTIMEWA
BAB
XIII
PEMBUBARAN
ORGANISASI
PASAL
19
1. KARYA ILMIAH REMAJA HANYA
DAPAT DIBUBARKAN MELALUI MUSYAWARAH MASYARAKAT ATAU
YANG DILAKUKAN UNTUK ITU.
2. DIHADIRI SEKURANG-KURANGNYA ¾ ANGGOTA KARYA
ILMIAH REMAJA.
3. DIHADIRI SEKURANG-KURANGNYA DEWAN ¾ ALUMNI
4. DIHADIRI OLEH PENANGGUNG JAWAB (PEMBINA),
PENASIHAT, DAN PELINDUNG.
BAB XIV
KETENTUAN PENUTUP
PASAL
20
HAL-HAL YANG BELUM DIATUR DALAM ANGGARAN
DASAR INI AKAN DIATUR DALAM ANGGARAN RUMAH TANGGA.
PASAL
21
ANGGARAN RUMAH TANGGA TIDAK BOLEH MEMUAT
KETENTUAN-KETENTUAN YANG BERTENTANGAN DENGAN BUNYI DAN JIWA ANGGARAN DASAR.
DITETAPKAN DI :
KAMPUS SMA NEGERI 7 GARUT
PADA TANGGAL :
PIMPINAN SIDANG
MUSKIR 4 KARYA ILMIAH REMAJA
SMA NEGERI 7 GARUT
KETUA
SIDANG :
WAKIL
KETUA SIDANG :
NOTULIS :
ANGGARAN
RUMAH TANGGA KARYA ILMIAH REMAJA
SMAN
7 GARUT
BAB
I
UMUM
PASAL
1
ANGGARAN RUMAH TANGGA INI MEJAPANESE CLUBKAN
PEDOMAN PELAKSANAAN DARI ANGGARAN DASAR SERTA MEMUAT SESUATU YANG TIDAK ATAU
BELUM DIATUR DALAM ANGGARAN DASAR.
BAB
II
TEKAD
KARYA ILMIAH REMAJA
PASAL
2
1. ADALAH NILAI MORAL DARI SISWA DALAM
MEWUJUDKAN WADAH UNTUK MENGGUGAH DALAM MEMBANGUN KEBERSAMAAN YANG HAKIKI.
2. ADALAH KERANGKA PERJUANGAN DALAM MENDARMA BAKTIKAN SIKAP MENCAPAI HARKAT
DAN DERAJAT BAGI KEHIDUPAN SISWA
3. ADALAH MOTIVASI DALAM MENCAPAI PROSES
KREATIFITAS, PRODUKTIFITAS YANG BERKUALITAS, BERGUNA BAGI BANGSA DAN NEGARA.
PASAL
3
1. TEKAD DEWAN KEANGGOTAAN AN MEJAPANESE CLUBKAN
LAMPIRAN YANG TIDAK TERPISAHKAN DARI ANGGARAN RUMAH TANGGA.
2. TATACARA DAN PEDOMANNYA DIATURDALAM PERATURAN
ORGANISASI.
BAB
III
KEANGGOTAAN
PASAL
4
ANGGOTA KARYA ILMIAH REMAJA ADALAH SISWA
YANG ADA DI SMAN 7 GARUT YANG MEMENUHI SYARAT KEANGGOTAAN.
PASAL
5
1. AGGOTA RESMI ADALAH ANGGOTA YANG MEMENUHI
PERSYARATAN ANGGOTA RESMI.
2. DEWAN ALUMNI ADALAH ANGGOTA RESMI DAN ANGGOTA
KEHORMATAN YANG TELAH LULUS DARI SMAN 7 GARUT.
PASAL
6
SEORANG SISWA SAH MENJADI ANGGOTA RESMI
APABILA MEMENUHI PERSYARATAN SEBGAI BERIKUT:
1. MENGIKUTI PELATIHAN ANGGOTA.
2. SUDAH MEMENTASKAN SEBUAH KE AN.
3. DISAHKAN SECARA RESMI SEBAGAI ANGGOTA DALAM
PELANTIKAN ANGGOTA.
4. TATACARA PEDOMANNYA DIATUR DALAM PERATURAN
ORGANISASI.
PASAL
7
1. SETIAP ANGGOTA RESMI BERHAK
A. MEMPEROLEH PERLAKUAN YANG SAMA DARI ATAU UNTUK
ORAGANISASI.
B. MENGELUARKAN PENDAPAT DAN MENGAJUKAN USUL
ATAU SARAN.
C. MEMILIH DAN DIPILIH SEBAGAI PENGURUS.
D. MEMPEROLEH KESEMPATAN UNTUK MENGIKUTI
KEGIATAN DAN PENDIDIKAN DARI KARYA ILMIAH REMAJA .
2. SETIAP DEWAN ALUMNI BERHAK
A. MENGELUARKAN USUL DAN SARAN.
B. MEMPEROLEH KESEMPATAN UNTUK MENGIKUTI
KEGIATAN MAUPUN PENDIDIKAN DENGAN TIDAK MENDOMINASINYA.
3. SETIAP ANGGOTA BERKEWAJIBAN
A. MENJUNGJUNG TINGGI NAMA DAN KEHORMATAN KARYA
ILMIAH REMAJA .
B. MEMAHAI DAN MELAKSANAKAN AD/ART SERTA SELURUH
KEPUTUSAN ORGANISASI.
4. SETIAP ANGGOTA YANG AKAN DIBERHENTIKAN BERHAK
MEMBELA DIRI DALAM RAPAT YANG DIADAKAN UNTUK ITU.
5. KETENTUAN SELANJUTNYA TENTANG KEANGGOTAAN
DIATUR DALAM PERATURAN ORGANISASI.
PASAL
8
1. SEORANG ANGGOTA AKAN MENGHILANG
KEANGGOTAANNYA ATAU BERHENTI SEBAGAI ANGGOTA DISEBABKAN OLEH.
A. MEMBUBARKAN ORGANISASINYA.
B. MENGUNDURKAN DIRI DARI KEANGGOTAAN.
C. DIBERHENTIKAN SECARA TIDAK HORMAT.
D. MENINGGAL DUNIA.
E. MENGELUARKAN DIRI DARI SMAN 7 GARUT SEBELUM
LULUS.
2. SEGALA SESUATUYANG BELUM DIATUR DAN BERKAITAN
DENGAN PASAL 8 ANGGARAN RUMAH TANGGA AKAN DIATUR KEMUDIAN PADA PERATURAN
ORGANISASI.
BAB
IV
KEUANGAN
DAN KEKAYAAN ORGANISASI
PASAL
9
KEUANGAN
IURAN ANGGOTA, BANTUAN DARI SEKOLAH, BANTUAN
YANG TIDAK MENGIKAT, DAN USAHA LAIN YANGSAH SERTA TATACARA PENGGUNAAN DIATUR
DALAM PERATURAN ORGANISASI.
KEKAYAAN ORGANISASI
HAL-HAL YANG MENYANGKUT KEKAYAAN ORGANISASI
BAIK YANG MEJAPANESE CLUBKAN PEMASUKAN MAUPUN PENGELUARAN DARI DAN UNTUK
ORGANISASI WAJIB UNTUK MEMPERTANGGUNG JAWABKAN PADA FORUM-FORUM YANG AKAN
DIATUR DAN DITETAPKAN DALAM PERATURAN ORGANISASI.
BAB
V
ATRIBUT
ORGANISASI
PASAL
10
1.
LAMBANG
A. WARNA-WARNA
1) MERAH MELAMBANGKAN KEBERANIAN DAN TEKAD KUAT
UNTUK BELAJAR.
2) WARNA PUTIH MELAMBANGKAN KESUCIAN DAN
KETAATAN DALAM BELAJAR.
3) WARNA KUNING MELAMBANGKAN CITA-CITA MERAIH
KESUKSESAN.
4) WARNA HIJAU MELAMBANKAN KE KREATIFAN DAN
KETEKUNAN ANGGOTA-ANGGOTA KARYA ILMIAH R.
5) WARNA HITAM MELAMBANGKAN KEBERAGAMAN
ANGGOTA-ANGGOTA KARYA ILMIAH REMAJA
B. BENTUK-BENTUK
1) BENTUK ARAH DELAPAN MATA ANGIN MELAMBANGKAN
BAHWA ANGGOTA KARYA ILMIAH REMAJA SANGGUP DAN MAMPU MENGEMBANGKAN DAN
MENGAPLIKASIKAN ILMU PENGETAHUANNYA DILINGKUNGAN MASYARAKAT
2) BENTUK LINGKARAN MELAMBANGKAN BAHWA ANGGOTA
KARYA ILMIAH REMAJA TIDAK BERUJUNG ATAU BERSIFAT SEUMUR HIDUP.
3) BENTUK BUKU MELAMBANGKAN PEDOMAN KARYA ILMIAH
REMAJA DALAM BELAJAR.
4) BENTUK APEL HIJAU YANG BERCAHAYA MELAMBANGKAN
BAHWA KARYA ILMIAH REMAJA MEMPUNYAI TEKAD UNTUK BERGUNA BAIK DALAM MAUPUN LUAR
SEKOLAH.
2.
MOTTO
KARYA ILMIAH REMAJA
ANAK TELADAN GENERASI MASA DEPAN
3.
PRINSIP
DASAR/PRINSIP KIR
BERPEGANG TEGUH PADA NILAI-NILAI UUD 1945
MENJUNJUNG TINGGI NILAI-NILAI PERSAHABATAN
DAN KERJA SAMA
ULET, RAJIN DAN BEKERJA KERAS DALAM BELAJAR
SUKSES KINI DAN SUKSES MENDATANG
4.
BENDERA
BENDERA KARYA ILMIAH REMAJA BERBENTUK PERSEGI
PANJANG BERWARNA ABU-ABU YANG BERARTI RUANG LINGKUP PELAJAR SEKOLAH MENENGAH
ATAS DAN TERDAPAT LAMBANG KARYA ILMIAH REMAJA DIDALAMNYA.
5. UKURAN/BENTUK LAMBANG, BENDERA, SERAGAM, DAN
KELENGKAPAN DIATUR DALAM PERATURAN ORGANISASI.
BAB
VI
SUSUNAN
PENGURUS KARYA ILMIAH REMAJA
PASAL
11
1. PELINDUNG ADALAH BERADA DI PIHAK KEPALA
SEKOLAH DAN KOMITE SEKOLAH.
2. PENASEHAT ADALAH BERADA DI PIHAK LEMBAGA
SEKOLAH
3. PENANGGUNG JAWAB ADALAH PEMBINA KARYA ILMIAH REMAJA DAN KOORDINAOR
EKSTRAKULIKULER
4. KETUA UMUM KARYA ILMIAH REMAJA ADALAH
PENANGGUNG JAWAB ATAS ANGGOTA SECARA UMUM ATAU KESELURUHAN. MASA JABATAN KETUA
ADALAH SATU PERIODE, KEMUDIAN ADAKAN PEMILIHAN KEMBALI
5. KETUA KOORDINATOR BIDANG ADALAH PENANGGUNG
JAWAB PENUH ATAS BIDANG YANG DIGELUTINYA MASING-MASING
6. SEKERKEBUMIANS ADALAH YANG MENGURUS MENG
ADMINISTRASIAN ORGANISASI
7. BENDAHARA ADALAH YANG MENGURUS KEUANGAN
ORGANISASI.
BAB
VII
BIDANG-BIDANG
1. BIOLOGI
2. EKONOMI
3. ENGLISH CLUB
4. FISIKA
5. JAPANESE CLUB
6. KEBUMIAN
7. KEBUMIAN
8. MATEMATIKA
9. TIK
BAB
VIII
KOORDINATOR
BIDANG
PASAL
13
1. BIDANG BIOLOGI BERTANGGUNG JAWAB ATAS ANGGOTA
YANG MENGIKUTI BIDANG BIOLOGI, DAN JALANNYA BIDANG BIOLOGI
2. BIDANG EKONOMI BERTANGGUNG JAWAB ATAS ANGGOTA
YANG MENGIKUTI BIDANG EKONOMI, DAN JALANNYA EKONOMI.
3. BIDANG ENGLISH CLUB BERTANGGUNG JAWAB ATAS
ANGGOTA YANG MENGIKUTI BIDANG ENGLISH CLUB, DAN JALANNYA ENGLISH CLUB.
4. BIDANG FISIKA BERTANGGUNG JAWAB ATAS ANGGOTA
YANG MENGIKUTI BIDANG FISIKA, DAN JALANNYA FISIKA.
5. BIDANG JAPANESE
CLUB BERTANGGUNG JAWAB ATAS ANGGOTA YANG MENGIKUTI BIDANG JAPANESE CLUB, DAN JALANNYA JAPANESE
CLUB.
6. BIDANG KEBUMIAN
BERTANGGUNG JAWAB ATAS ANGGOTA YANG MENGIKUTI BIDANG KEBUMIAN,
JUGA JALANNYA KEBUMIAN
7. BIDANG KIMIA BERTANGGUNG JAWAB ATAS ANGGOTA
YANG MENGIKUTI BIDANG KIMIA, DAN JALANNYA KIMIA.
8. BIDANG MATEMATIKA BERTANGGUNG JAWAB ATAS
ANGGOTA YANG MENGIKUTI BIDANG MATEMATIKA, DAN JALANNYA MATEMATIKA.
9. BIDANG TIK BERTANGGUNG JAWAB ATAS ANGGOTA
YANG MENGIKUTI BIDANG TIK, DAN JALANNYA TIK.
BAB
IX
PENGURUSAN
KARYA ILMIAH REMAJA
PASAL
14
KETENTUAN PENGURUS ADALAH SEBAGAI BERIKUT:
A. PENGURUS KARYA ILMIAH REMAJA ADALAH
AKTIVIS YANG DIUSULKAN OLEH BIDANGNYA MASING-MASING.
B. MAMPU BEKERJA SAMA SECARA KOLEKTIF UNTUK
MENINGKATKAN SERTA MENGEMBANGKAN KARYA ILMIAH REMAJA
C. DAPAT MELUANGKAN WAKTU, DAN SANGGUP BEKERJA
AKTIF DALAM MELAKSANAKAN TUGAS ORGANISASI
BAB
X
WEWENANG
MUSYAWARAH DAN RAPAT
PASAL
15
1. WEWENANG MUSYAWARAH KARYA ILMIAH REMAJA MELIPUTI:
A. MENYEMPURNAKAN DAN MENETAPKAN AD/ART;
B. MENETAPKAN PROGRAM UMUM DAN KEBIJAKAN
ORGANISASI;
C. MENILAI LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN PENGURUS KARYA
ILMIAH REMAJA ;
D. MEMILIH DAN MENETAPKAN PENGURUS KARYA ILMIAH
REMAJA ;
2. MUSYAWARAH KARYA ILMIAH REMAJA (MUSKIR)
DILAKSANAKAN SATU TAHUN SEKALI SETELAH PERGANTIAN MASA KERJA ATAU JABATAN.
PASAL
16
MUSYAWARAH ISTIMEWA ADALAH MUSYAWARAH TINGGI
SETINGKAT MUSKIR:
A. DIADAKAN APABILA KEADAAN ORAGANISASI SANGAT
KRITIS SEHINGGA MENGANCAM KELANGSUNGAN HIDUP ORGANISASI;
B. DAPAT DIADAKAN ATAS REKOMENDASI BERSAMA
ANTARA PENGURUS DAN ANGGOTA SEKURANG KURANG NYA ¾ DARI ANGGOTA RESMI, 2/4, DAN
¼ DEWAN ALUMNI;
C. DISELENGGARAKAN OLEH PENGURUS, ANGGOTA DAN
DEWAN ALUIMNI KARYA ILMIAH REMAJA.
PASAL
17
1. MUSYAWARAH PENGANGKATAN ANGGOTA DILAKUKAN DENGAN
SYARAT TELAH MENGIKUTI KEGIATAN LATIHAN MINIMAL SEBANYAK 5 KALI.
2. KETENTUAN TATACARA DAN PEDOMANNYA DIATUR
DALAM PERATURAN ORGANISASI.
PASAL
18
1. WEWENANG MUSYAWARAH KERJA ADALAH :
A. MENG EVALUASI PELAKSANAAN PROGARAM KERJA
PENGURUS;
B. MENETAPKAN PROGRAM KERJA PENGURUS KARYA
ILMIAH REMAJA SEBAGAI PENJABARAN DARI PROGRAM KERJA UMUM.
2.
SEKURANG-KURANGNNYA
DIADAKAN SEKALI DIANTARA DUA MUSYAWARAH KARYA ILMIAH REMAJA (MUSKIR)
3.
DISELENGGARAKAN
OLEH PENGURUS KARYA ILMIAH REMAJA.
PASAL
19
1. RAPAT PENGURUS KARYA ILMIAH REMAJA BERWENANG
MENETAPKAN, MEMUTUSKAN HAL-HAL YANG DIANGGAP PENTING DAN MENDESAK DIHADAPI OLEH PENGURUS KARYA ILMIAH REMAJA
2. KEPUTUSAN RAPAT TIDAK BOLEH BERTENTANGAN
DENGAN AD/ART.
PASAL
20
1. RAPAT ANGGOTA
MERUMUSKAN PERMASALAHAN-PERMASALAHAN YANG
TERJADI DIDALAM KARYA ILMIAH REMAJA .
2. RAPAT PENGURUS
MENETAPKAN/MENINGKATKAN HAL-HAL YANG DIANGGAP
PENTING UNTUK MENYELARASKAN GERAK LANGKAH ORAGANISASI MENYESUAIKANDENGAN
PERKEMBANGAN.
3. RAPAT KOORDINATOR BIDANG
PELAKSANAAN OLEH KETUA/KOORDINATOR TIAP
BIDANG
4. KEPUTUSAN RAPAT TIDAK BOLEH BERTENTANGAN DENGAN AD/ART
BAB
XI
TATACARA
PENGAMBILAN KEPUTUSAN
PASAL
21
HAK SUARA DAN HAK BICARA BAGI PESERTA
MUSYAWARAH DAN RAPAT-RAPAT YANG DIATUR DALAM BAB III ART INI ADALAH SEBAGI
BERIKUT;
A. HAK SUARA ADALAH HAK YANG DIMILIKI SEORANG
PESERTA DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN.
B. HAK BICARA ADALAH HAK YANG DIMILIKI SESEORANG
PESERTA DALAM MENGEMUKAKAN PENDAPAT,
USUL, SARAN DALAM SETIAP PERSIDANGAN.
C. PENGAMBILAN KEPUTUSAN AZASNYA DIUSAHAKAN
SEJAUH MUNGKIN SECARA MUSYAWARAH UNTUK MENCAPAI MUPAKAT DAN APABILA HAL INI
TIDAK MUNGKIN MAKA KEPUTUSAN AKAN
DIAMBIL BERDASARKAN SUARA TERBANYAK.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Ada Komentar ? Silahkan post :)